Minggu, 14 Januari 2018

Indonesia Takluk dari Islandia Ketika Nganyari SUGBK

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk pertama kalinya kembali dibuka untuk umum sekaligus menggelar pertandingan sepak bola internasional antara Indonesia dan Islandia. Pertandingan tersebut berlangsung Minggu malam (14/1/2017) dan menjadi laga pertama anak asuh Luis Milla di tahun 2018. SUGBK sempat ditutup sekian waktu dan tidak bisa digunakan untuk aktivitas olah raga apa pun karena menjalani proses renovasi besar-besaran dalam rangka Asian Games 2018 yang berlangsung Agustus mendatang. Tim sepak bola Merah Putih berkesempatan nganyari SUGBK yang sudah berubah penampilannya menjadi lebih indah. Presiden Joko Widodo lebih dahulu meresmikan SUGBK versi baru menjelang pertandingan dimulai.

Indonesia berkesempatan menjamu Islandia, salah satu peserta Piala Dunia 2018 Rusia yang tampil mengejutkan di Piala Eropa 2016 Prancis ketika sukses menyisihkan Inggris di babak 16 besar. Islandia sudah lebih dulu bermain di Stadion Maguwoharjo Sleman pada Kamis (11/1) dan menang 6-0 atas Indonesia Selection. Tim yang dilatih Rene Robert Alberts merupakan hasil pilihan masyarakat dan terdiri dari sejumlah mantan pemain timnas, seperti Maman Abdurahman, Zulkifli Syukur, Bambang Pamungkas, dan Cristian Gonzales. 

Luis Milla menurunkan mayoritas pemain U-23 yang akan menjadi tulang punggung timnas di Asian Games 2018. Dari tujuh pemain senior yang dipanggil, hanya tiga pemain yang masuk tim inti, yaitu Andritany Ardhiyasa, Fachrudin Aryanto, dan Bayu Pradana. Andik Vermansah dan Boaz Solossa baru dimainkan di babak kedua, sedangkan Victor Igbonefo dan Lerby Eliandri hanya menghangatkan bangku cadangan.


Gol Ilham Udin Armaiyn di menit ke-21 yang memanfaatkan kesalahan kiper Islandia membuat SUGBK bergemuruh. Presiden Jokowi pun turut merayakan gol pertama yang tercipta di SUGBK pasca-renovasi. Albert Gudmunsson menyamakan kedudukan menjadi 1-1 menjelang babak pertama berakhir. Sayangnya, di babak kedua permainan tim tamu justru lebih baik dan membuat Indonesia akhirnya kalah 1-4. Gudmunsson membuat dua gol lagi yang membuatnya mencetak trigol, sedangkan satu gol lainnya dibuat oleh Arnor Smarason.  

Meskipun kalah, tapi Indonesia ternyata unggul dalam penguasaan bola ketimbang Islandia (61% : 39%). Tim Merah Putih mesti kembali berhadapan dengan tim-tim yang lebih kuat lainnya sebagai persiapan menghadapi kekuatan terbaik sepak bola Asia di Asian Games 2018. Masih ada waktu bagi Luis Milla dalam membenahi penampilan anak asuhnya. Masih mungkin pula terjadinya perubahan materi pemain timnas, meski tidak akan drastis. Ada sejumlah pemain berkualitas yang tidak dipanggil saat menghadapi Islandia, seperti Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, dan Illija Spasojevic. Trio Bali United itu harus berkonsentrasi di klubnya yang akan menjalani laga play-off Liga Champion Asia pada Selasa besok (16/1). 




Materi Pemain Indonesia vs Islandia :
Andritany Ardhiyasa; I Putu Gede Juni Antara (Gavin Kwan 77'), Fachrudin Aryanto, Hansamu Yama, Rezaldi Hehanusa; Muhammad Hargianto (Andik Vermansah 79'), Bayu Pradana (Hanif Sjahbandi 64'); Osvaldo Haay (Egy Maulana Vikri 84'), Septian David Maulana (Evan Dimas 57'), Febri Hariyadi; Ilham Udin Armaiyn (Boaz Solossa 67')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar