Senin, 09 Oktober 2017

Bukan Hanya Egy MV yang Bermain Apik di Timnas U-19

Sebuah kabar menggembirakan datang dari Inggris untuk sepak bola Indonesia pada pekan lalu. Egy Maulana Vikri terpilih sebagai salah satu dari 60 pemain sepak bola muda berbakat versi The Guardian, sebuah media massa ternama di Inggris. Mereka yang masuk dalam daftar The Next Generation 2017 adalah para pemain muda kelahiran tahun 2000 dari seluruh dunia. Egy menjadi satu-satunya pemain Asia Tenggara sekaligus tidak memiliki klub dalam daftar tersebut. Pada tahun-tahun sebelumnya pernah ada nama Marcus Rashford (Manchester United/Inggris) dan Gianluigi Donnarumma (AC Milan/Italia). Tentu kita semua berharap Egy maupun rekan-rekannya akan terus berkembang menjadi pemain yang lebih baik dan pada gilirannya nanti menjadi andalan Tim Merah Putih dalam mengukir prestasi yang mengharumkan nama Indonesia.

Pada sisi lain, Indra Sjafri sudah sejak awal mengingatkan agar tidak terlalu menyanjung Egy seorang. Anak asuhnya bukan hanya terdiri dari satu bintang. Lagi pula masa depan Egy dkk masih sangat panjang dan jangan sampai mereka layu sebelum berkembang sebagaimana dahulu pun pernah ada pemain-pemain potensial di usia mudanya yang akhirnya gagal menjadi pemain bagus di usia matangnya. Contohnya adalah Syamsir Alam dan Oktovianus Maniani. 

Satu bukti telah ditunjukkan bahwa bukan hanya Egy pemain andalan Indonesia U-19, yaitu ketika menang 3-0 atas Thailand U-19. Ketiga gol dicetak oleh Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, dan Saddil Ramdani. Witan merayakan ulang tahunnya yang ke-16 dengan golnya yang membuka kemenangan timnya. Sementara itu, Saddil seakan mampu menebus kesalahannya saat timnya kalah di Piala AFF U-18 bulan lalu setelah dia mendapat kartu merah. Egy sendiri tidak mencetak gol, meski bertindak sebagai kapten tim. Hanya harus diingat lagi, meski mengalahkan Thailand menghadirkan kegembiraan pada Minggu malam (8/10/2017), tapi pertandingan itu hanya ujicoba menjelang Kualifikasi Piala Asia U-19 dan bagian dari persiapan menghadapi turnamen sebenarnya yang dimainkan di Indonesia tahun 2018 mendatang.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar